Kandang Penangkaran Sederhana

Salam Breeding….

Sekedar share, barangkali kandang model seperti ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda yang berencana membuat kandang penangkaran burung Murai Batu. Selain praktis dan tidak terlalu memakan banyak tempat, kandang seperti ini relatif murah biaya pembuatannya.

Dengan luas lahan 1 x 4 meter, Anda bisa membuat empat unit kandang untuk empat pasang Murai Batu; masing-masing kandang berukuran 90 x 90 x 180 Cm (P x L x T).  Bahan kandang terbuat dari aluminium dan kawat ram, dengan biaya pembuatan sekitar 1 juta rupiah untuk satu unit kandang.

Model¬† seperti ini, saya menyebutnya sebagai “Kandang Lawang Telu” (kandang berpintu tiga).


Kandang Lawang Telu (Kandang Berpintu Tiga)

Pintu 1 :

Terbuat dari triplek, terletak di bagian atas. Fungsi dari pintu ini adalah untuk membuka dan menarik kotak sarang, saat kita ingin mengecek kondisi telur atau mengunduh anakan. (Catatan: Kotak sarang dirancang seperti laci, yang bisa ditarik keluar melalui pintu ini. Jadi, kita tidak perlu harus masuk ke dalam kandang saat mengecek telur atau mengunduh anakan)

“Fungsi Pintu 1 — Untuk Menarik Kotak Sarang”

Pintu 2 :

Terbuat dari jari-jari aluminium, terletak di bagian tengah. Fungsi pintu ini adalah untuk memasukkan makanan-minuman bagi indukan. Fungsi lain dari pintu ini adalah untuk memindahkan calon indukan dari sangkar soliter ke kandang penangkaran.

“Fungsi Pintu 2 — untuk memasok makanan-minuman bagi indukan”

Pintu 3 :

Terbuat dari kawat ram dengan lis aluminium, terletak di bagian bawah. Pintu 3 ini merupakan pintu besar yang berfungsi untuk masuk-keluarnya orang, dengan keperluan beragam; membersihkan lantai kandang, mengganti air mandi, menangkap indukan, atau mengambil anakan apabila indukan menetas di tempat sarang yang lain.

“Fungsi Pintu 3 — untuk masuk-keluarnya orang”

Sekedar melengkapi suasana di dalam kandang, kita bisa menambahkan berbagai asesoris; tanaman hidup, bebatuan, batang pohon dengan ukuran sepadan, dll, sesuai selera masing-masing.

“Asesoris kelengkapan di dalam kandang”

Demikian sekedar sharing, semoga bermanfaat….

Tagged . Bookmark the permalink.

22 Responses to Kandang Penangkaran Sederhana

  1. supriyanta says:

    Trmksh byk bos ats infonya mengenai ternak brg ,insya Alloh Sy akan coba ternak brg mudah2an sukses& nanti minta bimbingannya bos

  2. murdiono says:

    pak saya mau tanya mengenai alas kandang komposisinya tanah,pasir atau cukup semen aja?
    suwun pak….

    • Alas kandang berupa tanah, lantas di atasnya ditaburi pasir. Saya menggunakan 2 jenis pasir, yakni pasir kali dan pasir malang (banyak dijual di kios-kios asesoris tanaman hias) yang biasanya digunakan untuk media tanaman di dalam pot.
      Dengan menggunakan alas tanah yang ditaburi pasir ini, kita tidak perlu lagi repot-repot membersihkan alas kandang. Karena, kotoran burung cenderung meresap dan tidak menimbulkan bau, meskipun kondisi alas kandang basah oleh limpahan air mandi burung. Jika Pak Murdiono tertarik menerapkan cara ini, silahkan dicoba…

  3. sudi santoso says:

    Mas kalau psn dimana, dan juga berapa harganya

    • admin says:

      Pesan di Pak Sugeng Bekasi. Ini nomer yang bisa dihubungi : 081808299555. Untuk harga silahkan kontak langsung ke Pak Sugeng. Setahu saya harga bervariasi tergantung bahan, ukuran dan detail kandang. 1,5 tahun lalu, saya pesan per kandangnya sekitar 800 ribuan dengan ukuran 90 x 90 x 180 (P x L x T). Harga sekarang saya kurang tahu. Yang jelas, harga kandang dipengaruhi juga oleh naik-turunnya harga bahan bakunya.

  4. Atok says:

    mas, kalau alas kandang dilapisi dengan rumput bagaimana ya..>??

    • admin says:

      Sepertimya ide bagus tuh Mas Atok…. Saya sendiri belum pernah coba. Dengan alas kandang berupa rumput, mustinya suasana kandang akan lebih adem dan segar. Hanya saja, sampai sekarang saya masih suka mnggunakan pasir sebagai alas kandang. Alasannya, selain kandang tidak perlu sering-sering dibersihkan, sifat pasir sangat bagus menyerap air sisa-sisa bekas mandi burung maupun sisa rembesan air hujan. Sehingga suhu kandang tidak terlalu lembab. Selain itu, sebagaimana watak burung lainnya, murai batu senang “ngasin” atau mencari-cari makanan berkalsium yang ada di atas pasir.

  5. simen says:

    mas admin, klo untuk atapnya lansung pake asbes plastik sja ato pake tambahan triplek untuk menutupi sarangnya…..?

    • admin says:

      Demi mengurangi faktor panas, di bagian atas kandang saya tambahin triplek, baru setelah itu asbes plastik. Untuk menjaga kelembabam kandang, di dalamnya juga perlu kita kasih tanaman hidup. Dan jangan lupa dilengkapi juga dengan bak mandi yang cukup memadai.

  6. dody anggoro says:

    broo blh ga mesen kandangnya?? ni no ane 085697872978

    • admin says:

      Mas Dody, untuk kandang saya pesan ke spesialis pembuat kandang ternak, namanya Pak Sugeng, lokasinya di daerah Bekasi. Kalo Mas Doddy berminat, silahkan call sendiri Pak Sugeng. Orangnya enak kok mas diajak diskusi dan konsultasi soal pembuatan kandang, Ini nomernya Pak Sugeng : 0818 08299 555.

    • admin says:

      Mas Dody, untuk kandang saya pesan ke spesialis pembuat kandang ternak, namanya Pak Sugeng, lokasinya di daerah Bekasi. Kalo Mas Doddy berminat, silahkan call sendiri Pak Sugeng. Orangnya enak kok mas diajak diskusi dan konsultasi soal pembuatan kandang, Ini nomernya Pak Sugeng : 0818 08299 555.

  7. pijar says:

    kalo ambil anakan umur 1hr di ambil piyiknya saja apa sama sarang daun cemaranya?

    • admin says:

      Kebetulan saya tidak pernah mengambil anakan saat usia baru 1 hari. Menurut saya, terlalu riskan mengunduh anakan yang baru berumur 1 hari, selain repot melolohnya, juga relatif rentan. Biasanya, saya mengunduh anakan umur 7 hari. Anakannya saja yang diambil Pak, sementara sarang tetap dibiarkan utuh di dalam kotak.

  8. Dans says:

    Pak toro sy mau tanya,,untuk model kandang spt ini materi buat alas tanah apa aja??…Trus untuk menjaga kebersihan kandang dilakukan berapa kali dlm 1bln??…
    terima kasih.

    • admin says:

      Mas Dans, untuk alas kandang saya memakai tanah kemudian di lapisan atasnya dikasih pasir. Saya memilih media ini karena beberapa alasan:
      –Dengan adanya lapisan pasir, air sisa buangan bak mandi maupun percikan air hujan bisa cepat terserap sehingga tidak menggenang di dasar kandang.
      –Dengan adanya lapisan pasir, kotoran burung juga gampang terserap dan tidak meninmbulkan aroma tak sedap.
      Dengan demikian, kita tidak perlu sering-sering membersihkan kandang. Biasanya, saya hanya setiap 4 bulan sekali bersih-bersih kandang sekalian memberi disinfektan.

  9. andri budianto says:

    Ass.wr.wb .
    Mas Admin, sy baru mau terjun ke ternak murai nih, boleh ga sy minta bimbingan nya ?
    kalau bersedia tolong sy minta nomor telepon nya ya mas .
    atau mas bs hubungi sy di nomor 08565327852, cukup dgn sms saja, nanti biar saya yg telepon .
    Terima Kasih banyak Mas Admin .

    Salam, Andri Budianto .

  10. taqin says:

    slm,
    mau nanya pak, kira2 kandangnya perlu sinar matahari gk pk…?
    terus induk jantan dan betina hasil tangkapan dr hutan mau berkembang biak pak..??
    kalau mau pesan induk yang hasil ternakan dimana bisa pk..? boleh kalau sy mintak nmr HP bpk..?? mksih.

    • admin says:

      Sebaiknya posisi kandang memang sebaiknya terkena sinar matahari, meskipun tidak langsung. Tetapi setahu saya, banyak juga teman peternak yang posisi kandangnya ada di dalam ruangan, dan ternyata indukannya bisa sukses berproduksi. Untuk menggantikan fungsi sinar matahari, biasanya mereka menggunakan lampu khusus yang dirancang untuk kepentingan breeding dengan model kandang indoor.

      Bisa berkembang-biaknya indukan, bukan karena faktor tangkapan hutan atau hasil penangkaran. Yang penting, induk jantan maupun betina sudah sama-sama siap dan matang kelamin, Insya Allah bisa berproduksi.
      Ini nomer HP saya : 0818755400.

  11. Dans says:

    Salam sukses pak Toro,,
    Ada pertanyaan lg nich,,Untuk Murai kira2 umur produktif sampai brp tahun???….Baik jantan maupun betinanya…
    Dan masa hidupnya jika perawatan bagus (trmasuk nutrisi makanan) kira2 smp brp thun??….
    Demikian pertanyaan saya,,terima kasih…….
    SALAM KICAU MURAI MANIA

Leave a Reply