Kandang Penangkaran Sederhana

Salam Breeding….

Sekedar share, barangkali kandang model seperti ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda yang berencana membuat kandang penangkaran burung Murai Batu. Selain praktis dan tidak terlalu memakan banyak tempat, kandang seperti ini relatif murah biaya pembuatannya.

Dengan luas lahan 1 x 4 meter, Anda bisa membuat empat unit kandang untuk empat pasang Murai Batu; masing-masing kandang berukuran 90 x 90 x 180 Cm (P x L x T).  Bahan kandang terbuat dari aluminium dan kawat ram, dengan biaya pembuatan sekitar 1 juta rupiah untuk satu unit kandang. Model  seperti ini, saya menyebutnya sebagai “Kandang Lawang Telu” (kandang berpintu tiga).

 

Pintu 1 :

Terbuat dari triplek, terletak di bagian atas. Fungsi dari pintu ini adalah untuk membuka dan menarik kotak sarang, saat kita ingin mengecek kondisi telur atau mengunduh anakan. (Catatan: Kotak sarang dirancang seperti laci, yang bisa ditarik keluar melalui pintu ini. Jadi, kita tidak perlu harus masuk ke dalam kandang saat mengecek telur atau mengunduh anakan)

 

Fungsi Pintu 1 — Untuk menarik kotak sarang

 

Fungsi Pintu 1 — Untuk menarik kotak sarang

 

Pintu 2 :

Terbuat dari jari-jari aluminium, terletak di bagian tengah. Fungsi pintu ini adalah untuk memasukkan makanan-minuman bagi indukan. Fungsi lain dari pintu ini adalah untuk memindahkan calon indukan dari sangkar soliter ke kandang penangkaran

Fungsi Pintu 2 — Untuk memasok makanan-minuman indukan

 

Pintu 3 :

Terbuat dari kawat ram dengan lis aluminium, terletak di bagian bawah. Pintu 3 ini merupakan pintu besar yang berfungsi untuk masuk-keluarnya orang, dengan keperluan beragam; membersihkan lantai kandang, mengganti air mandi, menangkap indukan, atau mengambil anakan apabila indukan menetas di tempat sarang yang lain.

Fungsi Pintu 3 — Untuk masuk-keluarnya orang

Sekedar melengkapi suasana di dalam kandang, kita bisa menambahkan berbagai asesoris; tanaman hidup, bebatuan, batang pohon dengan ukuran sepadan, dll, sesuai selera masing-masing.

Asesoris di dalam kandang

Agar lebih segar, di dalam kandang diberi tanaman pot

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikian sekedar sharing, semoga bermanfaat….

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply