Tentang TORO BF & Saya

Kandang TORO BF

Pada mulanya sekedar coba-coba, lama-lama menjadi aktivitas utama. Sungguh tidak pernah saya bayangkan sebelumnya, di usia menjelang setengah abad ini, menangkarkan burung murai batu ternyata menjadi kesibukan saya yang utama sekaligus yang paling saya suka, dibanding jenis kesibukan-kesibukan saya sebelumnya. Tetapi jauh lebih penting dari itu semua, kesibukan ini benar-benar mendatangkan bahagia. Saya terus bertanya-tanya; jangan-jangan inilah passion saya, panggilan hati saya yang sesungguhnya.

Sebelum memutuskan untuk fokus menangkar murai batu, selama 14 tahun saya bekerja sebagai jurnalis di Liputan-6 SCTV.  Akhir 2009, saya berpamitan kepada institusi saya –institusi yang sudah banyak memberi pengalaman kehidupan itu—untuk menjajal dunia yang sama sekali berbeda.  Saya berpindah kuadran. Dunia broadcast dan penangkaran, seperti langit dan bumi. Gak nyambung. Jauh panggang dari api.

Tetapi itulah faktanya. Apa yang coba kita perjuangkan, kadang tidak selalu berbanding lurus dengan apa yang disodorkan oleh kehidupan. Dan di sinilah saya sekarang. Berkutat dengan segala macam persoalan seputar penangkaran.

Soal kecintaan terhadap burung, seingat saya, sudah ada benihnya sejak masa kanak-kanak.  Kecintaan semacam ini, rupanya tidak pernah lekang oleh waktu. Alih-alih luntur, kecintaan kepada burung itu malah semakin membuncah seiring bertambahnya usia.  Kepalang tanggung, daripada kecintaan itu hanya dirupakan dengan membeli untuk kemudian memeliharanya saja, kenapa tidak sekalian menangkarkannya?  Selain dapat memanifestasikan kecintaan terhadap murai batu, itung-itung juga turut melestarikannya, meskipun mungkin kecil saja peran itu. Bukankah keberadaan murai batu kini semakin langka di habitatnya? Jika upaya penangkaran itu tidak dimulai sekarang, yakinkah kita 5 atau 10 tahun mendatang keberadaan burung eksotis itu masih lestari di alam?

Berangkat dari pemikiran seperti itu, maka dengan niat yang kuat, Januari 2011 berdirilah cikal-bakal TORO Bird Farm.  Jangan dibayangkan ini sebuah farm yang besar.  Awalnya, farm ini hanya memiliki 2 kandang. Seiring berjalannya waktu, kini TORO Bird Farm telah memiliki 8 kandang yang diisi oleh 8 pasang indukan.

Sejak awal berdirinya, TORO Bird Farm tidak berpretensi menjadi farm yang besar secara kuantitas tetapi minim kualitas. Meski kecil, farm ini terus berupaya melahirkan produk-produk berkualitas. Selain itu, TORO Bird Farm (juga website ini) ingin menjadi semacam tempat belajar dan observasi bagi para calon peternak, atau siapa saja yang berminat belajar bersama, bertukar informasi dan berdiskusi dalam mendalami seluk-beluk penangkaran murai batu.

Siapa tahu, mimpi kecil ini kelak bisa turut berkontribusi menyelamatkan murai batu dari kepunahannya.
IMG_7276

 

Kandang Penangkaran 028
TORO Bird Farm
Kavling DKI Blok 151-A No.30
Meruya Selatan Jakarta Barat
WA : 085945028195
HP : 0818 755 400
Email : toro@pecintamuraibatu.com
Situs : www.pecintamuraibatu.com

 

Leave a Reply